Jumat, 07 Maret 2014

MEMBINA AKHLAK YANG BAIK

Bismillahirrohmaanirrohiim

Assalamualaikum wr wb

Saudara Muslim Ku yang di Rahmati Allah subhanahu wa ta'ala… Kita semua tahu bahwa di jaman era globalisasi sekarang ini sering kali kita jumpai para generasi muda muslim saat ini banyak yang terlihat dan menunjukkan dengan nyata suatu sikap yang tidak baik yang mendekati dan mengarah ke suatu kegiatan yang tidak bermanfaat dan melakukan kemaksiatan.baik itu sembunyi sembunyi maupun terang terangan. di jaman sekarang ini dibutuh kan pendorong semangat dan motivasi buat mereka generasi muda sekarang untuk lebih mengenal dan mendalami Akhkalul Karimah dan Tasawuf.

Sebelumnya kita bahas dulu apasih arti dari Akhlak Dan Tasawuf itu ?
Baiklah langsung saja Akhlak adalah tindakan,tingkahlaku,tabiat yang ada pada diri seseorang. diambil dari kata  (خُلُقٌ)   yang menurut bahasa berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku atau tabiat. hal ini mencerminkan kepribadian diri sendiri pada seseorang. baik buruknya  Akhlak tergantung dari diri sendiri. semakin dekat dengan Allah subhanah wa ta'alaa',pribadi itu akan terlihat baik secara nyata dan sembunyi.lahiriah dan jasmaniah. terlebih lagi sangat mulia disisi Allah Subhanahu wa ta'alaa. tapi,semakin kita jauh sama Allah, maka yang kita dapati adalah kesesatan yang nyata. Na'udzubilahiminzalik.

Tasawuf adalah suatu kegiatan pendekatan diri,berhubungan langsung dengan Allah Subhanahu wa ta'ala dengan tujuan menjadikan diri dan menciptakan Akhlak yang baik, baik itu berhubungan dengan Manusia, Allah dan Makhluk.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman Al Qur'annulkarim :

وَ اِنَّكَ لَعَلَى خُلُقٍ عَظِيْمٍ

"Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung" (QS. Al Qalam: 4)

dan sebuah hadist menerangkan bahwa ,

اَكْمَلُ اْلمُؤْمِنِيْنَ اِيْمَانًا وَ اَحْسَنُهُمْ خُلُقًا

Orang mukmin yang paling sempurna keimanannya adalah orang yang sempurna budi pekertinya. (HR. Tirmidzi)

Ada beberapa faktor yang menyebabkan baik dan buruknya Akhlak. Akhlak yang baik tentu saja Akhlak yang berhubungan langsung dengan Allah Subhanahuwata'ala. taak kepada Allah dengan mempunyai tujuan hanya mengharapkan Ridho Allah dan tak lepas juga dari hubungan yang baik dengan sesama manusia dan mahkluk.menghidupkan silaturahmi karna Allah, mensucikan diri termasuk memberi makan dan minum untuk tubuh nya sendiri. Akhlak yang baik selalu memperhatikan rizki buat tubuhnya. memberi makan isi perut dgn yang halal, memberi minum dalam tubuh yang halal, berpakaian rapi dangn car yang halal begitu pula saat mengadap Allah dalam keadaan suci ( Sholat ).

Sedangkan Akhlak yang buruk adalah perbuatan atau tabiat yang penuh dengan kesesatan. tidak taat kepada Allah dan ajaran Rasullalah. hidup selalu di penuhi dengan kemaksiatan. dikala saat mendengar kumandang Azan,  Akhlak yang buruk tidak ada reaksi langsung dari dalam jiwa dan fikiran untuk langsung bersuci menuju Sholat. ketika Sholawatndan salam atas Nabi Muhammad Sallallahu'alaihi waassalam di lafadzkan kita cuek dan masa bodoh tidak menjawab.

Contoh sederhana saja Akhlak yang buruk pada saat ada acara rapat,resepsi, pertemuan dgn client memakai pakaian yang serba bagus dan indah. pakaian mahal di gunakan bwt resepsi. sedangkan Pada saat sholat menghadap Allah subhanahuwata'ala pakaian yang sederhana, tidak rapi, bau dan terlihat lusuh. Astaghfirullahlazim.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman dalam Al Qur'an :

“Hai anak Adam, pakailah pakaian kalian yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”. (QS. Al A’raaf  ayat 31)

dalam hal ini Allah benar benar menyukai keindahan, kerapian dalam pribadi hamba hambanya dan sangat menbenci akhlak yang buruk. Akhlak yang buruk akan selalu menghalalkan segara cara untuk mendapatkan kesenangan diri.merasa bqngga dan hebat dgn apa yang sudah di dapatkan. memberi makan pada tubuhnya dgn barang barang/makanan dgn cara Haram. minuman yang haram dsb.

Oleh sebab itu Sahabat ku..mari kita selalu taat beristiqamah kepada Allah subhanahu wa ta'ala. kita ajak rekan rekan, saudara dan lingkungan sekitar yang berperilaku kurang dan tidak baik untuk mendekatkan diri ber-tasawuf kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. mari kita jadikan diri kita, keluarga kita dan lingkungan kita untuk ber Akhlak baik dan berbudi pekrti yang luhur sesuai dengan ajaran Rasullallah Sallallahu 'alaihi wa sallam.

Perbanyak Dzikir dan Doa, bermunajad kepada Allah Subhanahu wa ta'alla semoga kita semua dan keluarga tergolong hamba hamba -Nya yang beruntung dan ber Akhlak Mulia. Amin Amin Amin ya Rabball'alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar