Sabtu, 08 Maret 2014

Bolehkah Melaksanakan Sholat Tahajud Tanpa Harus Tidur Terlebih Dahulu ?

Bismillahirrohmaanirrohim

Assalamualaikum wr wb

Saudara Muslim ku yang di Rahmati Allah Subhanahu wa ta'la
shalat sunnah yang berat bagi umat muslim adalah Tahajud. mengingat waktu shalat nya berbeda dgn shalat shalat yang lain. tapi itu semua tidak menjadi halangan atau kendala bagi saudara saudara muslim yang beriman yang soleh/solehah yang senantiasa taat kepada Allah subhanahu wa ta'ala yang selalu Ikhlas hanya mengharap Ridho illahirabbi.
dalam kesempatan kali ini apasih itu Tahajud dan boleh apa tidak melaksanakan Sholat tahajut tanpa tidur malam terlebih dahulu?

baiklah saudara muslim ku..

Perlu kita pahami, bahwa tahajud dalam arti bangun dari tidurnya,

Dalam hal ini maka ulama mengkiaskan bahwa tahajud adalah sholat yang dilakukan setelah bangun dari tidur malam. Atau berbangun dimalam hari guna mendekatkan diri kepada Allah.

Namun bagaimana dengan mereka yang tidak bisa tidur malam? atau bolehkah melaksanakan tahajud tanpa tidur terlebih dahulu?

Tahajud menurut bahasa : daf’un naum bitaklif (meninggalkan tdr dgn memaksakan diri)Scara fiqih : sholat setelah tdr malam.

Syarat tahajud memang harus tdr, tapi apabila ada seseorang mengerjakan sholat tahajud sblm tdr, maka shalatnya sah, termasuk sholat nafl mutlaq. Sebagaiman sayidina ali zainal abidin, solat 1000 rakaat malam hari, itu adalah shalat nafl mutlaq, bebas mau berapa rakaat
Dalilnya : "afdolus sholati ba’dul faridhoh sholatul lail(sohih muslim) ” sebaik-baiknya sholat setalah yang fardu adalah sholat malam ”

"Inna fi lail, li sa’atan la yuwafiquha rojulun muslimun yas alullaha ta’ala khoiron min amrid dunya wal akhirah illa a’tohu iyyau wa dzalika kulla lailah"

artinya : dimana ada waktu pada malam hari, siapa dari kalian yang bertepatan meminta / berdoa kepada Allah baik urusan dunia atau akhiraat, niscaya Allah akan berikan ”

Begitu pula dalil : "hina yabqo tsulusul lail akhir, fayaqul : man yad u’ ni fa astajiba lahu, wa man yas aluni fa u’ tiyahu, wa man yastaghfiruni fa aghfirulahu"

Artinya: Dan bila datang sepertiga malam, Allah berfirman : barang siapa yang berdoa kepadaKu maka aku kabulkan, dan siapa yang meminta kepada Aku, maka Aku akan berikan. Dan siapa yang meminta pengampunan Aku ampuni. Disitu tidak di saratkan tdr dari hadis2 keutamaan ibadah malam hari..

Islam itu Mudah tidak mempersulit, jadi janganlah mempersulit jika tidak ingin di sulitkan oleh Allah .. Wal-Afwu minkum

Sesuai firman Allah ta'ala yang artinya : "Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga tuhanmu mengangkat kamu ketempat yang terpuji"
QS: Al Isra ayat 79

dan juga ayat Allah ta'ala yang artinya,
"Tubuh/lambung mereka jauh dari tempat tidurnya ( dmana saat itu banyak org yg menikmasti tdr malam), sedangkan mereka berdoa kepada Tuhannya, dengan rasa takut dan berharap"
QS: As Saajdah 16

Dan hadits Rasullallah salallahu 'alaihi wa sallam,
Dari Aisyah r.a menjelaskan : bahwasanya Nabi SAW mendirikan sholat pada malam hari, hingga membengkak kakinya, lalu Aisyah ra bertanya kepada Rasulullah SAW : mengapa engkau melakukan semua ini Ya Rasulullah, sementara bukankah Allah telah mengampuni dosa dosamu yg terdahulu dan akan datang? , Rasul SAW menjawab : apakah saya tidak lebih baik menjadi seorang hamba yang bersyukur ( HR.Bukhori dan Muslim) begitu juga hadis yang sama di riwayatkan dari Mughiroh bin Syu’bah.

Di hadis lain di riwayatkan dari Ali Bin Abi Thalib ra : bahwasanya Nabi SAW mengetuk pintu rumahnya seraya beliau berkata kepadanya dan Fatimah : apakah kalian tidak sholat malam? ( Hr.Bukhori dan Muslim)

Melihat riwayat lain dan Ibn Mas’ud ra : bahwasanya ia sholat bersama Rasul SAW pada malam hari, dimana Rasul SAW sholat yang amat panjang sekali, hingga dalam diriku berfikir sesuatu hal yg buruk, lalu ditanyakan kpdnya apa yang difikirkan saat itu? Ibn mas’ud menjawab : saya ingin duduk dan meninggalkannya ( Hr.Bukhori dan Muslim)

Melihat dari Ayat serta beberapa hadis tersebut amat dianjurkan bagi mereka yang bangun pada malam hari melakukan sholat malam, bahkan Rasul sendiri memberikan contoh sholat yang amat panjang, dan di contoh lain membangunkan anak dan menantu beliau guna sholat malam.

dengan ayat Allah ta'ala dan hadits Rasullallah sallallahu 'alaihi wa sallam tersebut di atas sebelum melaksanakan Shalat Sunnah Tahajud di anjurkan untuk tidur terlebih dahulu. tidak harus tidur dalam waktu yang lama.tidur sebentar pun ketika terbangun kita bisa melaksanakan Qiyamullail ber Tahajud menghadap Allah Subhanahu wa ta'ala.

Jadi siapapun yang terbangun dimalam hari silahkanlah ia melakukan sholat, sesungguhnya mendekatkan diri kepada Allah saat orang lain tidur akan lebih baik drajatnya disisi Allah,

Adapun bila mampu untuk tidur terlebih dahulu maka lakukan, kalau memang tak bisa tidur maka lakukanlah, sesungguhnya Allah tidak ingin menyulitkan hamba-Nya, jadi jangan mempermasalahkan sudah tidur atau belum. Tapi masalahkanlah sudah sholat apa belum.

Wallahu A’lam

Kebenaran datangnya dari dan Milik Allah Ta'ala, kalau ada kekliruan itu semata mata dari saya karena masih belajar.

Mari kita semua berdoa memohon kepada Allah subhanahu wa ta'ala supaya di mudahkan serta di lancarkan dalam urusan beribadah baik yang wajib maupun yang sunnah. di jaukan dari bisikan syaiton yang menjerumuskan kesesatan. Amin ya Rabball'alamin.

87 komentar:

  1. Balasan
    1. Alhamdulillah dari penjelasan ini saya bisa mengambil kesimpulan bahwa saya harus solat tahajud sebelum tidur

      Saya rendi dari jambi

      Hapus
  2. Saya kerja sampai malam pulang rumah kadang jam 01.30 wib jika saya tidur dulu sy takut malah ga bisa bangun..tp sy ttpmengerjakan sholat tahajud.ini yg jd pertnyaan sy mengapa sy buka blok ini..sebagi pencerahan

    BalasHapus
  3. Semoga keyakinan kita bertambah untuk beribadah kepada allah, amin. Saudara prepioner smg, laksanakanlah shlat tahajud walaupun belum tidur, karena shlat tahajud lebih penting daripada memikirkan tidak tidur dan tidak bisa melaksanakan tahajud. Yakinlah allah maha tau.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillahhh...amat berguna pencerahan ini. In Sya Allah moga mendapat berkah dari Allah SWT buat kita semua. Kalau saya susah mau tidur malam kadang2 jam 3-4 pagi Baru boleh tidur. Jadi pencerahan di sini rasa nya tiada masalah untuk saya melakukan tahajjud dulu sebelum tidur.

    Terima kasih teman2 semua. Saya Dari Kuala Lumpur.

    BalasHapus
  5. Syukran jazilan. Alhamdullillah. Terima kasih ya Allah, menggerakkan hati ini untuk membaca artikel ini. Setelah membaca artikel ini, terjawab sudah persoalan saya. Syukur sangat. Semoga Allah merahmati usaha kita semua dalam beribadah kepada Allah.

    Saya dari Sarawak, Malaysia. :)

    BalasHapus
  6. makasih kak sharenya...... kebetulan saya suka susah tidur,jadi selalu tahajud sebelum tidur.dan bahkan selesai subuh baru tidur :)

    BalasHapus
  7. Terima kasih banyak atas penjelasannya. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT dan selalu mengingat-Nya. Barakallah

    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak atas penjelasannya. Semoga kita semua selalu dalam perlindungan Allah SWT dan selalu mengingat-Nya. Barakallah

    BalasHapus
  9. terima kasih ya ustad...sekarang mulai terang masalah sholat malam (tahjjud) bagi saya mau tidur atau tidak tidur. terima kasih dan semoga kita termasuk orang yang diberi nikmat tak terhingga untuk beribadah kepada Allah SWT, amin.

    BalasHapus
  10. terjawab sudah malam ini
    sy kerja plg malam jam 1 smpe rumah tdk tdr dlu..jd sy lgsung solat tahajud..
    dan benr Islam itu mudah tidk mmpersulit. Allah maha tau segala hati dan niat manusia..insyaAllah bermanfaat. amin

    BalasHapus
  11. terjawab sudah malam ini
    sy kerja plg malam jam 1 smpe rumah tdk tdr dlu..jd sy lgsung solat tahajud..
    dan benr Islam itu mudah tidk mmpersulit. Allah maha tau segala hati dan niat manusia..insyaAllah bermanfaat. amin

    BalasHapus
  12. Saya sebagai blogger kadang jam 2 atau jam 3 baru tidur.. selama ini bingung.. mau jalanin atau ga.. Alhamdullilah dapet ilmu disini.. islam itu mudah.. janganlah dipersulit.. kalau ga mau disulitin. Thx Gan..

    BalasHapus
  13. Saya sebagai blogger kadang jam 2 atau jam 3 baru tidur.. selama ini bingung.. mau jalanin atau ga.. Alhamdullilah dapet ilmu disini.. islam itu mudah.. janganlah dipersulit.. kalau ga mau disulitin. Thx Gan..

    BalasHapus
  14. Alhamdu Lillahi Rabbulalamien,
    Memang Agama Islam itu betul betul mengajarkan kemudahan, bukan berarti juga mengambil yg mudah2 saja, kembali lagi kita serahkan sgala urusan kepada NYA biarkan hanya hati yg akan berkomunikasi dengan Rabul Izzati akan haq dlm tuntunan syariat.

    BalasHapus
  15. Asalamualaikum.Wr.Wb terbalas sudah keraguan selama ini kadang slt tidur jdnya bimbang sholat tahajjud atau tdk, dng artikel ini smua jd tercerahkan.. thank's smoga kita senantiasa dapt hidayah dari Allah SWT..Amin.

    BalasHapus
  16. Alhamdullillah.... Terima kasih ya Allah, telah menggerakkan hati ini untuk membaca artikel ini. Setelah membaca artikel ini, terjawab sudah persoalan saya. Terimakasih byk Semoga Allah merahmati kita semua dalam usaha menyempurnakan ibadah kita kepada Allah.

    BalasHapus
  17. Terjawab sudah keluh kesah saya
    Alhamdulilah

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah...
    Ini berupa petunjuk Mu Ya Allah.

    Terima kasih juga untuk pemilik blog nya

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah...
    Ini berupa petunjuk Mu Ya Allah.

    Terima kasih juga untuk pemilik blog nya

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah Terimakasih.. setidaknya saya tau yang penting itu niat dan shalatnya bukan waktu sebelum atau sesudah tidur...

    BalasHapus
  21. Alkhamdulilah trimakasih atas jawabannya............islam itu indah.

    BalasHapus
  22. Alhamdullilah . Sya brtrimakasih bnyak pada pembwa berita ini jdi sya bnyak tau tetang kaidah agama islam sebenarnya

    BalasHapus
  23. Alhamdullilah . Sya brtrimakasih bnyak pada pembwa berita ini jdi sya bnyak tau tetang kaidah agama islam sebenarnya

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah. Terimakasih artikelnya sangat membantu, sekarang saya jadi lebih tau

    BalasHapus
  25. Trimkasih .. Sangat membantu

    BalasHapus
  26. Trimkasih .. Sangat membantu

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah,, terimakasih banyak..

    BalasHapus
  28. syukron wa jazakallah khairan katsir /.\

    BalasHapus
  29. syuqran banget buat artikelnya.

    BalasHapus
  30. syuqran banget buat artikelnya.

    BalasHapus
  31. Assalamu'alaikum
    Terimakasih ka Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-Nya kepada kita semua

    BalasHapus
  32. Misalnya kita tidur dulu dan hidupin alaram biar gg ketiduran gimna tuh?? Tolong bantu jawab

    BalasHapus
  33. Misalnya kita tidur dulu dan hidupin alaram biar gg ketiduran gimna tuh?? Tolong bantu jawab

    BalasHapus
  34. Alhamdulillah terjawab sudah.

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah, saya bekerja malam pulang pagi, kadang suka bingung mau tahajud tapi belom tidur,mau tidur tapi lagi kerja, akhirnya terjawab sudah.

    BalasHapus
  36. Allah Maha Mengetahui Apa yang Kita Niatkan.

    BalasHapus
  37. Allah Maha Mengetahui Apa yang Kita Niatkan.

    BalasHapus
  38. Allah Maha Mengetahui Apa yang Kita Niatkan.

    BalasHapus
  39. Alhamdulillah :) atas pemberitahuannya saya sangat terbantu sekali karena saya sering tidak bisa tidur malam dan semoga kita selalu beribadah dengan khusuk tanpa ada keragu-raguan amien....
    Assalamualaikum wr
    Wb
    Semoga allah swt melindungi kita semua amien

    BalasHapus
  40. blog ini memberi pencerahan untuk hal ini
    terimakasih

    BalasHapus
  41. trus kalo bukan shalat tahajudnamanya...lalu apa niatnya atau ushalli ygkita baca?

    BalasHapus
  42. Terimakasih atas penjelasannya,mudah2 an sy bisa melaksanakannya dengan baik.aamiin.

    BalasHapus
  43. Terimakasih atas penjelasannya,mudah2 an sy bisa melaksanakannya dengan baik.aamiin.

    BalasHapus
  44. Terimakasih pencerahannya mas bro, benar benar membantu.

    BalasHapus
  45. Terimakasih pencerahannya mas bro, benar benar membantu.

    BalasHapus
  46. alhamdulillah setelah membaca artikel ini tak ragu lagi melaksanakan sholat tahajud sebelum tidur, karena terbiasa susah tidur di malam hari,Islam benar2 takmempersulit penganutnya subhanalloh

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Alhamdulillah ,terima kasih artikel nya

    BalasHapus
  49. Alhamdulillah ,terima kasih artikel nya

    BalasHapus
  50. Alhamdulillah. ..syukur diatas artikel yang ditulis kan oleh penulis. ..Sangat membantu dari sudut ilmiah. ..ramai yang didalam dilema antara boleh atau tidak untuk solat tahajud tanpa tidur dahulu...Tetapi dengan adanya artikel ini ia telah menghilangkan keraguan yang selama ini membelenggu diri...Di zaman sekarang ramai yang terpaksa kerja hingga larut pagi..Jadi untuk tidur dahulu kadang kala menjadi suatu permasalahan buat sesetengah orang...Jadi setelah membacanya didalam artikel ini menambahkan lagi ilmu dan panduan untuk solat tahajud tanpa ragu2 lagi...salam dari sy tunku shahrulnizam daripada kuala lumpur. ..mudahan Allah limpah kurnia kan lah segala kebaikan keatas tuan

    BalasHapus
  51. Makasih mas bro atas ilmunya benar sekali Allah itu mudah ...memudahkan urusan hambanya yg mau beribadah amin

    BalasHapus
  52. Islam itu Mudah tidak mempersulit, jadi janganlah mempersulit jika tidak ingin di sulitkan oleh Allah. Alhamdulilah. Amin. Tq pd penulis,smoga anda didlm rahmat Allah swt.

    BalasHapus
  53. Terima kasih penjelasannya. Jazakallah!

    BalasHapus
  54. Alhamdulillah... Sy sdh jelas skrng, yg slama ini sy pikirkan boleh tidur dulu apa tidak.

    BalasHapus
  55. Alhamdulillah... Sy sdh jelas skrng, yg slama ini sy pikirkan boleh tidur dulu apa tidak.

    BalasHapus
  56. Alhamdulillah...ternyata anggapan saya selama ini salah...trima kasih atas informasinya...

    BalasHapus
  57. Alhamdulillah...ternyata anggapan saya selama ini salah...trima kasih atas informasinya...

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Alhamdulillah. Saya adalah orang yg mempunyai penyakit susah tidur.
    Tapi saya ingin sekali shalat tahajud. Semoga allah meringankan beban hidup saya dengan saya berniat untuk taubat.

    Terimakasih admin atas pencerahannya. Semoga menjadi amal ibadah, aamiin

    BalasHapus
  60. alhamdulillah makasih ya krna baca blog ini sangat bermanfaat:)

    BalasHapus
  61. Alhamdulillah, skrg saya jadi makin mantap hatinya. Sbg penderita gagal ginjal yg hrs cuci darah, saya sangat susah tidur malam akibat perubahan metabolisme. Terima kasih atas pencerahannya...

    BalasHapus
  62. Ya Allah permudahkan segala urusan kami.. kami adalah manusia yg lemah serta kekurangan.. menambah dan berbagi ilmu pengetahuan terhadap Agama Mu wajib bagi kami sebagai Umat Islam.. Amiin..

    BalasHapus
  63. Assallammualaikum alhamdulillahnermanfaat swkali artikelnya , ana ingin bertanya Jika itu bkan tahajud niatnya bagaimana ya bacaan ushallinya ana masih bingung wassallammualaikum

    BalasHapus
  64. alhamdulillah makasih iya allah udah kasih keringan dalam shalat tahajud.
    soalnya saya kagak bisa tidur paling bisa tidur shalat subuh baru bisa tidur.
    islam itu tidak dipersulit ko yg mempersulit itu diri kita sendiri.
    asalam mua'alaikum

    BalasHapus
  65. Kalo sebelum tidurnya sekitar jam 10 Han gmna? Kan klo misalnya nunggu bangun malem takut gk bangun tarnya malah bablas gmna tuh? Boleh gak/ sama kaya tahajud gk?

    BalasHapus
  66. Allhamdulilah sangat bermanfaat..terjawab sudah keraguan saya slama ini.
    semakin bertambah kecintaan kepada Allah SWT.
    semoga umat islam dimana pun berada selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin

    BalasHapus
  67. Alhamdulillah, terimakasih atas pencerahannya semoga jadi amal ibadah, Allah Maha Mengetahui siapapun hambanya yang bertaubat dan semoga yang melaksanakannya diterima amal ibadahnya, aamiin

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  69. Alhamdulillah postingan ini sangat bermanfaat.
    Terimakasih :)
    Mudah - mudahan iman kita kuat seperti layaknya beton cor yang kuat menahan beban para kendaraan di jalan raya.

    BalasHapus
  70. Alhamdulillah, sangat bermanfaat, semoga yg menulis dan yg membaca mendapat berkah dari Alloh, aamiin

    BalasHapus
  71. Alhamdulillah sgt bermberman

    BalasHapus
  72. Postingan ini sangat bermanfaat untuk saya.. karena saya seorang yang sedikit insomnia, jam 1 pagi pun terkadang belum tidur, tapi mau melakukan solat tahajud saya ragu karena blm tidur. Stlah mmbaca ini Skrang sudah tidak ragu lagi.

    BalasHapus
  73. Syukron pencerahannya
    Semoga Allah SWT selalu mengampuni dosa dosa hamba

    BalasHapus
  74. Alhamdulillah setelah ada post ini saya ga ragu lagi sholat tahajud walau tidak tidur dulu. Soalnya saya susah tidur kalau menjelang jam 3 atau 4 baru ngantuk kadang sampai jam 5 baru tidur...udah dipasang alarm suka kelewatan tahajud....sedih banget udah diniatin ....saya browsing pagi ini karena sedih terlewat lagi ....cuma ya kalau bisa bagusnya ya tidur dulu jangan disengaja ini ga tidur....karena subuh juga nanti kelewatan siang...pejuang tahajud dan shubuh Amien YRA

    BalasHapus
  75. Alhamdulillah,hati baru tenang.

    BalasHapus
  76. Trima kasih atas penjelasanya

    BalasHapus
  77. Alhamdulillah.. semoga ilmu yg Tuan share ini bermanfaat..

    BalasHapus